Ru'yatul Hilal - Mengamati Tangkapan Teropong U.S Navy Observatory

. 31 August 2008
  • Agregar a Technorati
  • Agregar a Del.icio.us
  • Agregar a DiggIt!
  • Agregar a Yahoo!
  • Agregar a Google
  • Agregar a Meneame
  • Agregar a Furl
  • Agregar a Reddit
  • Agregar a Magnolia
  • Agregar a Blinklist
  • Agregar a Blogmarks

Last Update 31 Agustus 2008 18.30 WIT
Sudah ada penampakan Hilal Ramadhan, namun masih sangat tipis. Dari ru'yatul hilal pribadi saya ini sebenarnya sudah bisa dipastikan masuk 1 Ramadhan 1429 H. Marhaban yaa Ramadhan.

Last Update 31 Agustus 2008 19.30 WIT
Menurut saya sudah jelas masuk bulannya. Namun ru'yatul hilal belum cukup jelas untuk dilihat dengan mata telanjang. Wah.. siap-siap sholat tarawih dulu deh.

Last Update 31 Agustus 2008 21.30 WIT
Dah mulai jelas neh.. Terdapat sabit kecil pada permukaan bulan, dan saya yakin ru'yatul hilal ini pun masih sulit di lihat oleh mata biasa dari bumi. Apalagi dengan posisi Indonesia yang terletak di daerah khatulistiwa.

Last Update 1 September 2008 04.00 WIT
Sahur.. sahur.. Saya sudahi observasi ini. Mungkin di Indonesia akan sangat sulit melihat hilal dengan mata 'telanjang', namun saya yakin dibelahan bumi lain yang melakukan ru'yatul hilal seperti Arab Saudi, Libya, Yaman, dan benua Amerika penampakan hilal akan lebih jelas. Sekiranya hilal tersebut sulit di lihat di Saudi Arabia, Insya Allah masih bisa menunggu kabar (persaksian) dari saudara kita yang ada di New York. Artinya di Kalimantan Timur baru bisa mendapat kabar dari sana sekitar pukul 04.00 WIT atau sekitar pukul 17.00 waktu New York.
Maha Suci Allah yang telah menciptakan perbedaan waktu siang dan malam, dan seluruh penciptaan-Nya.

Data terakhir hasil tangkapan kamera U.S Navy Observatory - Moon Current Capture, Ru'yatul Hilal Ramadan:
[[Tanggal 31 Agustus 2008 08.00 WIT hingga 1 September 2008 04.00 WIT]]
























Pukul 08.00 WIT / 01:00 UTPukul 09.00 WIT / 02.00 UT
No ShinyNo Shiny
Pukul 10.00 WIT / 03.00 UTPukul 11.00 WIT / 04.00 UT
Thin Shiny | to doubtThin Shiny | to doubt
Pukul 14.30 WITPukul 15.30 WIT
Thin Shiny | to doubtThin Shiny | to doubt
Pukul 16.30 WITPukul 17.30 WIT
Thin Shiny | to doubtThin Shiny
Pukul 18.30 WITPukul 19.30 WIT
Thin ShinyMoonSighting
Pukul 21.30 WITPukul 04.00 WIT - 1 Sep 2008
MoonSightingMoonSighting

Menunggu dan me-reload, begitulah saya menanti "penampakan" Hilal Ramadhan di website khusus U.S Navy Observatory. Mungkin saya kurang beruntung hingga IP Address yang saya gunakan di _BLOCK_ oleh website tersebut. Maklum, ini website Angkatan Laut milik pemerintah Amerika Serikat. Saya coba beberapa kali mengakses via 3G/HSDPA di handphone Nokia 6120 Classic dengan Opera Mini ternyata tidak bisa di akses. Karena penasaran saya aktifkan Bluetooth di laptop dan mencoba kembali mengakses website tersebut. Nihil.. hasilnya sama, saya tidak dapat mengakses website U.S Navy Observatory - Moon Current Capture.

Duga'an pertama adalah website tersebut sedang dalam maintaince sehingga mengalami downtime. Setelah beberapa jam dan berkali mencoba tidak ada hasil, iseng.. saya mengakses melalui Web Proxy. Wal hasil, saya berhasil. Positif saya simpulkan bahwa IP Address saya telah di blokir oleh situs milik pemerintah Amerika tersebut.

Alhamdulillah, dengan web proxy saya bisa melihat hasil tangkapan kamera bulan mereka untuk di jadikan perbandingan informasi Ru'yatul Hilal. Sampai pagi ini hasil tangkapan kamera dari U.S Navy Observatory belum memperlihatkan kemunculan cahaya bulan sabit yang menandakan bulan baru.

Insya Allah saya akan tetap memantaunya meski pun harus berganti-ganti proxy, hehehehe... demi kebaikan lah.
OK.. halaman ini akan saya usahakan selalu update dengan menambah hasil tangkapan terakhir U.S Navy Observatory untuk melihat Hilal Ramadhan.

Tips buat Anda yang mencari informasi tentang Ru'yatul Hilal:

  1. Karena kita mungkin hanya orang biasa (awam), sebaiknya kita mencari persaksian tentang ru'yatul hilal

  2. Informasi dari persaksian (Pemerintah atau Alim Ulama) tersebut bisa Anda yakinkan dan sinkronkan dengan data website U.S Navy Observatory - Moon Current Capture ini

  3. Jika IP Address Anda di blok, gunakan web proxy terkecuali website tersebut benar-benar di tutup.

  4. Sudah yakin dengan hasil Ru'yah Hilal dan persaksian?? Keduanya dapat dibuktikan secara benar dengan data-data akurat?? Berpuasalah!! jika hilal itu adalah hilal Ramadhan, Berbukalah!! jika hilal itu merupakan hilal Syawal

  5. Sebarkan informasi tersebut sesuai dengan kesanggupan dan keyakinan Anda


INGAT!! Web U.S Navy Observatory - Moon Current Capture adalah milik Angkatan Laut Amerika Serikat, jadi mereka mempunyai hak untuk menjaga privasi data untuk memblok IP Address Anda. Semangat!!!

0 comments: