Info Hilal Ramadhan

. 28 August 2008
  • Agregar a Technorati
  • Agregar a Del.icio.us
  • Agregar a DiggIt!
  • Agregar a Yahoo!
  • Agregar a Google
  • Agregar a Meneame
  • Agregar a Furl
  • Agregar a Reddit
  • Agregar a Magnolia
  • Agregar a Blinklist
  • Agregar a Blogmarks

Ada beberapa khilafiah (perbedaan pendapat) mengenai penentuan awal Ramadhan dan 1 Syawal dalam Islam. Hal ini yang 'sering' menyebabkan selisih hari penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal di Indonesia dan masing-masing memiliki hujjah. Sebagai seorang muslim yang awam, kita wajib mendalami dan mencari tahu untuk menemukan hujjah yang paling kuat.

Sebagai tips untuk berbagi informasi, mungkin inilah sedikit ilmu yang dapat saya share kepada rekan-rekan tentang info hilal Ramadhan. Dalam menganggapi perbedaan tersebut sebaiknya:

1. Sebaiknya hindari polemik dan debat yang tidak bermanfaat seputar penentuan dan penetapan awal Ramadhan , dan begitu pula halnya penentuan hari raya ‘Idul Fitri. Namun kita harus sadar, bahwa mencari kebenaran adalah suatu keharusan seorang muslim.

2. Apabila seumpama dalam penentuan awal Ramadhan terjadi kelompok-kelompok pro-kontra di masyarakat, maka sebaiknya ikutilah yang paling dapat dipercaya serta memiliki hujjah syar’iyah (argumentasi agama) yang kuat, dan jangan sekedar ikut-ikutan. Namun demikian, kita serahkan sepenuhnya kepada keyakinan masing-masing pribadi.

3. Jika sudah menemukan hujjah yang kita yakini, da'wahkanlah. Toh tidak ada ruginya, selain itu memang kewajiban seorang muslim, dari sekian ilmu yang kita sampaikan akan menjadi bekal akhirat kita. Jika malu berbicara sampaikan lewat tulisan, misal.. melalui blog pribadi Anda.

Saya pun hanya orang awam yang mempunyai kewajiban untuk belajar agama hingga keliang kubur. Di sekolah saya belajar bahwa bulan yang bisa terlihat dari bumi hanya satu dan bulan itu bisa terlihat di bagian belahan bumi mana pun. Selisih antar letak geografis negara menurut edaran bumi tidaklah sampai satu hari. Jadi, siapun bisa melihat Hilal dengan jangka waktu tidak terlalu jauh.

Bisa jadi memang disuatu tempat terhalang, namun ditempat lain tidak. Selain itu, kita memasuki era informasi dimana segala kecanggihan teknologi telah banyak membantu kita dalam menyelesaikan masalah, misal mencari info hilal Ramadhan.

Dalam tulisan ini, saya sekedar berbagi sebagai keyakinan saya dengan Rukyatul Hilal dalam penentuan awal dan akhir Ramadhan. Selama dua tahun terakhir saya memastikan jatuhnya tanggal 1 Ramadhan melalui info-info seputar Ru'yatul Hilal, kebanyakan saya dapat dari hasil capture teropong riset yang di update setiap jam oleh beberapa website riset astronomy. Dari sana saya akan memastikan dengan info-info di milis atau berita yang menyatakan telah melihat Hilal bertanda telah masuk 1 Ramadhan. Dijaman yang serba terhubung ini SMS pun bisa jadi media bertanya untuk memastikan dan menyebarkan info hilal Ramadhan.

Salah satu situs riset astronomy yang bisa dipastikan ke akuratan data dan tangkapan terhadap Hilal (bulan) bisa website U.S Naval Observatory. Anda bisa melihat hasil update terakhirnya melalui handphone yang terhubung dengan GPRS/3G setiap jam untuk update tangkapan gambar bulan tersebut.

Gambar tersebut adalah hasil tangkapan teropong pada sebuah Kapal Induk Amerika yang di simpan kedalam database sebagai penelitian astronomy yang bisa kita jadikan data untuk memastikan informasi-informasi (kabar) tentang rukyat hilal. Jika belum yakin juga, silahkan membagikan alamat website tersebut dan diskusikan dengan Alim Ulama yang memahami Rukyah Hilal.

Dalam Islam awal puasa Ramadhan ditentukan dengan tiga perkara :
1. Ru’yah hilal (melihat bulan sabit).
2. Persaksian atau kabar tentang rukyah hilal (info hilal).
3. Menyempurnakan bilangan hari bulan Sya’ban.

Jika memang kita sulit melihat Hilal, kita diharuskan mencari kabar tentang ru'yat hilal yaitu info hilal Ramadhan dengan persaksian yang dapat dipercaya. Jika cari kedua ini juga masih sulit di jaman sekarang, gunakan cara ke tiga. Yaitu dengan menyempurnakan bilangan hari bulan Sya'ban.

Bacalah beberapa referensi tentang penentuan awal dan akhir Ramadhan di berbagai media. Berikut beberapa diantaranya:

() Penentuan Hilal awal bulan Ramadhan dan Syawal
() Perbedaan Pendapat Penentuan Awal dan Akhir Ramadhan

Silahkan klik atau copy paste alamat U.S Naval Observatory - Moon Current Capture ini [ http://aa.usno.navy.mil/idltemp/current_moon.php ]. Ya Robbi, saya telah sampaikan, Wallahu a'lam bis showab.

Sumber Capture: U.S Naval Observatory - Moon Current Capture



0 comments: